Analisis Semiotika Logo Dagadu

Main Article Content

Fitri Handayani
Ahmad Khairul Nuzuli

Abstract

Pesan yang disampaikan dapat menghasilkan banyak makna tergantung dari perspektif
penerima pesan tersebut. Hal ini menjadi daya tarik bagi penulis untuk mengangkat topik artikel
ini tentang analisis semiotika logo dagadu. Sumber referensi yang digunakan oleh penulis adalah
dari artikel jurnal, buku, dan materi presentasi dengan metode analisis semiotika pierce.
Berdasarkan analisa penulis diambil kesimpulan bahwa logo dagadu dalam bahasa anak generasi
muda Jogja berati mata, melambangkan citra kreatifitas, dunia rancang dunia desain.
Berdasarkan khasanah budaya Jawa, mata berkaiatan dengan kata ma’rifat, bermakna sebagai
sekelompok orang yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungannya. Dagadu
diuapayakan untuk dapat mempresentasikan kepedulian terhadap masalah yang adadi perkotaan
dan kepariwisataan di Jogjakarta dengan penekanan Lebih mengutamakan secara spesifik pada
aspek desain grafis dengan memadukan lokal,humor daerah, plesetan serta semangat eksperimen
ke dalam konteks seni dan budaya popular.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Handayani, F., & Nuzuli, A. K. (2021). Analisis Semiotika Logo Dagadu. Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 3(1), 58-72. https://doi.org/10.32939/ishlah.v3i1.44
Section
Articles

References

Ahmad, Syarwani & Harapan, E. (2014). Komunikasi antarpribadi. PT RajaGrafindo Persada.
Aini, A. N. (2013). Analisis Semiotik terhadap Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata sebagai Alternatif Bahan Pengajaran Sastra di SMA. Nosi, 1(2): 80-86. Malang: Mahasiswa Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Islam Malang.
Andi. (2012). Logo Sebagai Alat Komunikasi Visual. http://is.uad.ac.id/blog/news/apakahlogo-uad-anda-sudah-benar/ Tentang Logo
Bungin, B. (2008). Konstruksi Sosial Media Massa. Jakarta: Kencana.
Diah, L. S. (2014). Analisis Semiotika Logo Ades. Journal Ilmu Komunikasi,3(2).
Henderson, P. W. (2003). Building Strong Brands in Asia: Selecting the Visual Components of Image to Maximize Brand Strength. International Journal of Research in Marketing., 20, 297–313.
Kridalaksana. (2017). http://el.media.mit.edu/Logofoundation/logo/Index.html [25 Mei 2017].
Kusrianto, A. (n.d.). 2019. Desain Komunikasi Visual.Jurnal Poltekes Jakarta. http://jurnal.poltekkesjkt2.ac.id/pengantar_desain_komunikasi_visual_adi_kusrianto.pdf
Nawiroh, V. (2015). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Ghalia Indonesia.
Ratmanto. (2004). Pesan: Tinjauan Bahasa, Semiotika, dan Hermeneutika. Mediator. Jurnal Komunikas, 5(1).
Sobur, A. (2012). Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumbo, T. (2009). Semiotika Komunikasi Visual (3rd ed.). Jalasutra.