Debut Politik Muhammad Ibn Abdul Wahhab & Muhammad Ibn Saud

Main Article Content

Ali Yazid Hamdani

Abstract

Pada pertengahan abad 18 tepatnya tahun 1746, kekuasaan baru Saudi Arabia berhasil dibentuk dan dimulai dengan dua orang yang  berpengaruh yakni Muhammad Ibn Saud dan Muhammad ibn Abdul Wahhab. Melalui otoritas keagamaannya, kedua tokoh ini melalui beberapa gagasan-gagasannya yang terobsesi memurnikan syariat Islam dari perilaku bid’ah, khurafat, dan takhayul. Penelitian ini bertujuan untuk menelisik lebih jauh bagaimana pemikiran teologi Muhammad Ibn Abdul Wahhab, kondisi sosial, ekonomi Arab Saudi, dan pengaruhnya  dalam dunia perpolitikan hingga terbentuknya al-Mamlakah al-‘Arabiyyah al-Su’udiyyah? Penelitian ini menggunakan riset berbasis pustaka (library-based research), yaitu dengan mengumpulkan data sekaligus meneliti refrensi-refrensi terkait yang digunakan untuk memberikan gambaran yang dimaksud dengan mengacu pada tulisan-tulisan Muhammad Ibn Abdul Wahhab sebagai sumber primer dan literatur-literatur lain yang berkaitan dengan objek penelitian sebagai sumber rujukan sekunder.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ali Yazid Hamdani. (2019). Debut Politik Muhammad Ibn Abdul Wahhab & Muhammad Ibn Saud . Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 1(2), 176-184. https://doi.org/10.32939/ishlah.v1i2.38
Section
Articles

References

Algar, H. (2011). Wahabisme: Sebuah Tinjauan Kritis. Democracy Project.
Hitti, P. K. (2005). History of the Arabs: Rujukan Induk dan Paling otoritatif tentang Sejarah Peradaban Islam. PT. Serambi Ilmu Semesta.
Mangasing, M. (2008). Muhammad Ibn Abdul Wahhab dan Gerakan Wahhabi. Jurnal Hunafa, 5(3), 327.
Mas’odi. (2020). Wahhabisme vis-a-vis Reformasi Arab: MBS, Agensi, Moderasi, dan Diversifikasi Ekonomi. Jurnal Al-Irfan, 3(1), 54.
Nasution, H. (1975). Pembaharuan dalam Islam. Bulan Bintang.
Nasution, H. (1985). Islam Ditinjau dari Berbagai Aspeknya (I). UI Press.
Ridwan, N. K. (2020). Sejarah Lengkap Wahabi: Perjalanan Panjang Sejarah, Doktrin, Amaliyah, dan Pergulatannya. Ircisod.
Wahhab, M. I. A. (n.d.). Al-Wajibat.
Wahhab, M. I. A. (2004). Kasyfu as-Syubhat dalam Muhammad Ibn Shalil Utsaimin, Syarh Kasyfu asy-Syubhat. Media Hidayah.
Wijaya, A. (2018). Dari Membela Tuhan ke Membela Manusia: Kritik atas Nalar Agamaisasi Kekerasan. Penerbit Mizan.
Yatim, B. (1999). Sejarah Sosial Keagamaan Tanah Suci Hijaz (Mekkah dan Madinah) 1800-1925. Logos Wacana Ilmu.