Korelasi Antara Komunikasi dan Pendidikan

Main Article Content

tomi hendra
Siti Saputri

Abstract

Dunia pendidikan pada saat sekarang kini sedang marak-maraknya memperlombakan peningkatan mutu pendidikan. Berbagai macam upaya yang mereka lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan di semua jenjang. Mulai dari penetapan Standar Nasional Pendidikan sampai pada peningkatan Akreditasi lembaga pendidikan. Komunikasi sebagai sarana peningkatan mutu pendidikan  merupakan upaya atau salah satu cara peningkatan mutu di dalam dunia pendidikan.


Para ahli sepakat bahwa komunikasi sangat dibutuhkan dalam pendidikan. Sebab, komunikasi yang baik akan membentuk hubungan yang baik. Baik itu guru dengan muridnya atau murid dengan gurunya. Guru dituntut berperan aktif dalam proses belajar-mengajar terutama dalam proses belajar mengajar tatap muka. Guru dituntut sebagai perancang pembelajaran (designer of intruction), guru sebagai pengelola pembelajaran (manager of Instruction), guru sebagai pengarah pembelajaran, dan guru sebagai konselor dan lain sebagainya. Dalam menerapkan beragam hal tugas seorang guru, perlunya komunikasi yang efektif dalam proses belajar-mengajar antara murid dan guru. Sehingga tujuan peningkatan dari mutu di lembaga kependidikan bisa tercapai.


Dalam penelitian ini, penulis memaparkan betapa pentingnya komunikasi yang efektif di dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Untuk membantu penulis di dalam memaparkan korelasi antara komunikasi dengan pendidikan, maka penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
hendra, tomi, & Siti Saputri. (2020). Korelasi Antara Komunikasi dan Pendidikan . Ishlah: Jurnal Ilmu Ushuluddin, Adab Dan Dakwah, 2(1), 51-63. https://doi.org/10.32939/ishlah.v2i1.21
Section
Articles

References

Aziz, Abdul. (2017). Komunikasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Media Kita. 1 (2).
Dewi, Erni Ratna. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas, Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran. 2 (1).
Fadhli. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan, TADBIR : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan. 1 (2).
Harun, Rochajat dan Elvinaro Ardianto. (2012). Komunikasi Pembangunan Perubahan Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.
Inah, Ety Nur. (2015). Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru dan Siswa, Jurnal Al-Ta’dib. 8 (2).
Iriantara, Yosal dan Usep Syaripudin. (2013). Komunikasi Pendidikan. Bandung: Sambiosa Rekatama Media.
Islami, Dian Ismi. (2013). Konsep Komunikasi Islam Dalam Sudut Pandang Formula Komunikasi Efektif. Wacana. 12 (1).
Malik, Abdul. (2014). Fungsi Komunikasi Antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Interaksi. 3 (2).
Purwanto, Nanang. (2014). Pengantar Pendidikan, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rajab, Muhamad. (2014). Jurnal Dakwah Tabligh. 15 (1).
Raswan, Tamyiz. (2017). Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Al-Qur’an. Journal Of Arabic Learning and Teaching. Lisanul Arab. 6 (1).
Saifulloh, Moh. Dkk. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5 (2).
Sholichah, Aas Siti. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam. 7 (1).
Uno, Hamzah B. (2012). Profesi Kependidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wisman, Yossita. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca. 3 (2).